Subscribe:

Jangan Lupa Tinggalkan Pesan...!!!


Get this widget!

Minggu, 26 Oktober 2014

Arti CDMA, GSM & GPRS

Komunikasi jaringan tanpa kabel atau melalui telepon selular



CDMA adalah singkatan dari Code division multiple access
Disingkat dengan CDMA. Suatu format transmisi radio yang digunakan di Amerika Utara, khususnya untuk komunikasi jaringan tanpa kabel atau melalui telepon selular yang melalui bandwidth PCS (Personal Communication System). QUALCOMM adalah perusahaan pertama yang menerapkan metode ini.
Metoda CDMA ini membentuk beberapa channel secara logic melalui satu jalur komunikasi melalui pengkodean Walsh, yang merupakan sebuah pembangkit kode secara acak untuk transmisi suara. Pada pemrosesan kode Walsh ini, 64 channel yang berbeda secara logic ini, dapat disatukan dalam satu bandwith, yaitu dengan lebar 1,25 MHz.
Di Indonesia, teknologi ini diramaikan oleh TelkomFlexi dari PT Telkom, selain juga melalui provider lain seperti Esia dari PT Bakrie Telecom, Mobile-8 dari PT Mobile-8 Telecom

Nah kalo GSM itu singkatan dari Global System for Mobile Communication
GSM adalah sebuah sistem telekomunikasi terbuka, tidak ada pemilikan (non-proprietary) yang berkembang secara pesat dan konstan. Keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk internasinal roaming. Ini memberikan sebuah sistem yang standart tanpa batasan hubungan pada lebih dari 159 negara. Dengan GSM satelit roaming, pelayanan juga dapat mencapai daerah2 yang terpencil.
Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Trus GPRS itu apaan?

GPRS itu singkatan dariGeneral Packet Radio Service
suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).Itulah mengapa kita bisa nge-net via GPRS, sekarang aja dah mau smpe 3.5G lho bahkan 4G.

sumber:http://cuirast.blogspot.com/2010/03/apa-sih-arti-cdma-gsm-ma-gprs.html

Kronologi

Foto Saya
Ekowahyudi
Sekolah : SMK IT ARROHMAH yrla.or.id Tgl Lahir: Malang, 26 april 1989 Alamat : Jl.Cepoko Cepokomulyo Kec. Kepanjen Malang Email : eko.wahyudi1@gmail.com
Lihat profil lengkapku